Wisata Ngawi

By republikwisata 03 Jun 2022, 01:11:40 WIB Wisata

Kabupaten Ngawi adalah salah satu kabupaten yang berada di Jawa timur. Beberapa tempat wisata di Ngawi berlokasi di kabupaten ini sebut saja Museum Trinil, Benteng van Den Bosch, Kebun Teh Jamus, dan lain sebagainya.

Selain itu, di Ngawi juga terdapat aneka wisata air, utamanya air terjun dan waduk yang elok, indah, asri, dan sejuk. Ingin tahu destinasi wisata air apa saja yang ada di Ngawi? Simak artikel berikut, ya!

1. Air Terjun Srambang yang elok dan memesona

Air terjun Srambang merupakan air terjun dengan ketinggian 40 meter. Bertempat di area kawasan Srambang Park, Jogorogo, air terjun Srambang berjarak 500 meter dari Srambang Park, taman bunga yang dikelilingi oleh pohon pinus.

Untuk mencapai objek wisata ini, pengunjung harus menempuh jarak 25 kilometer dari pusat kota. Walaupun menempuh perjalanan yang cukup jauh, tapi akan terbayar dengan indah dan sejuknya pemandangan di Air Terjun Srambang. Untuk masuk ke Air Terjun Srambang, pengunjung dikenakan biaya Rp20 ribu rupiah per orang.

2. Air Terjun Pengantin, sepasang air terjun yang indah menjulang

Seperti tidak asing bukan mendengar objek wisata ini? Yup, Air Terjun Pengantin pernah menjadi lokasi syuting sebuah film horor. Air terjun ini dinamakan demikian karena terdapat sepasang air terjun dengan ketinggian 12 meter dari dasarnya. Objek wisata ini terdapat di Ngrambe, Kabupaten Ngawi. Untuk masuk ke air terjun ini, pengunjung dikenakan biaya kurang lebih tujuh ribu rupiah.

Ssst, konon katanya, jika sepasang kekasih mengunjungi air terjun ini maka hubungannya akan langgeng hingga pelaminan. Mitos lain mengatakan bahwa jika sepasang suami-istri berhasil menyentuh air di area air terjun, juga akan langgeng seterusnya. Apa pun mitosnya, Air Terjun Pengantin patut dikunjungi ketika sedang berlibur ke Ngawi.

3. Air Terjun dan Hutan Pinus Suwono, asri dan sejuk

Masih di Ngrambe, terdapat area wisata lain selain Air Terjun Pengantin, yaitu Air Terjun dan Hutan Pinus Suwono. Dua objek wisata itu masih dalam satu kawasan. Jika akan menuju Air Terjun Suwono maka akan melewati sejuknya Hutan Pinus Suwono.

Air Terjun Suwono memiliki ketinggian 20 meter dengan kolam alami yang cukup luas. Jika akan mengunjungi air terjun ini, pengunjung harus membayar tiket masuk dengan harga sekitar tiga ribu rupiah saja.

4. Memancing dan naik perahu di Waduk Sangiran

Waduk Sangiran terletak di Sumber Bening, Kecamatan Bringin, Kabupaten Ngawi. Di waduk ini pengunjung bisa menyewa perahu sembari menikmati pemandangan di sekitar waduk. Pengunjung juga bisa memancing sambil menunggu pemandangan matahari tenggelam. Di tengah waduk terdapat taman bernama Taman Bambu Air yang bisa menjadi objek foto-foto para pengunjung.

5. Wisata Watu Jonggol, menikmati dua air terjun di lereng Gunung Lawu

Wisata Watu Jonggol berlokasi di lereng Gunung Lawu. Terdapat dua air terjun di kawasan wisata ini, yaitu Air Terjun Kamulyan dan Air Terjun Watu Jonggol.  Selain itu, terdapat dua kolam renang yang airnya berasal dari mata air Watu Jonggo. Wisata Watu Jonggol ini dikelilingi hutan pinus yang asri dan rindang. Karena berada di lereng gunung, jangan heran jika air dan udaranya dingin, ya!

Wisata air yang elok dan menawan ini bisa kalian nikmati jika berkunjung di Ngawi. Selain elok dan menawan, suasana sejuk dan asri dapat membantu melepaskan penat akan rutinitas sehari-hari. Sudah memasukkan Ngawi sebagai tempat wisata kalian selanjutnya?




Write a Facebook Comment

Komentar dari Facebook

View all comments

Write a comment